Monday, July 27, 2009

Gaul Jadul, Di Balik Pustaka

Asik, predikat "Penulis" sekarang sudah secara resmi boleh dicantumkan dalam portofolioku (jiyeeeeh..). Itu karena buku hasil tulisanku telah dirilis secara komersial ke pasar buku Indonesia. Dulu-dulu meskipun sering bikin tulisan tapi kayaknya belum pantas dibilang "Penulis", karena masih sebatas tulisan di blog atau beberapa review yang diambil oleh media cetak. Kalo sekarang namaku sudah bisa ditemukan di katalog toko-toko buku... huuu huihuihui..

Ini dia detil spesifikasi dari buku hasil tulisanku :)



Judul : Gaul Jadul, Biar Memble Asal Kece
Penulis : Q Baihaqi
Penerbit : Gagas Media, 2009
Editor : Valiant Budi
Dimensi : viii + 280 hlm, 13 x 19 cm
ISBN : 979-780-346-5
Harga : Rp. 36.500,-


Yap.. ini adalah kumpulan tulisan-tulisanku di blog Lapanpuluhan yang tentu saja isinya adalah banyak hal seputar nostalgia jaman-jaman dekade 80-an. Maunya sih semua tulisan yang ada di blog itu dibukukan, tapi atas pertimbangan penerbit yang masuk baru tulisan-tulisanku saja. Padahal kalau semuanya bisa masuk mestinya lebih seru dan lengkap.

Proses Penerbitan

Jadi gini, udah lama muncul ide untuk membukukan blog lapanpuluhan itu. Ngeliat banyaknya respon dari pengunjung blog, kayaknya bakal ada pasar yang akan menyambut gembira jika blog tersebut dibukukan. Temanya juga unik, tidak mengekor siapapun. Nanya-nanya ke teman yang di penerbitan terkenal, ada kans gak blog itu untuk diterbitkan jadi buku? Sayangnya pada bilang kalo mereka bingung akan dimasukkan ke lini mana? non fiksi, kisah nyata, dokumentasi, hobby??? ... Sementara penerbit yang sudah sering membukukan blog adalah Gagas Media yang aku gak kenal siapapun disana. Ada tawaran dari penerbit baru yang sama sekali belum pernah terdengar keberadaannya. Hmmm... gak yakin udah punya sistem yang bagus, jangan2 tar malah dikibulin :p. Ada yang ngusulin cetak dan terbitin sendiri. Hah? yakin lu? ribet tau.. ini bukan cuma sekedar masalah mencetak saja, tapi ada masalah distribusi, pemasaran dll dll...

Pucuk dicinta ulam tiba.. sekitar pertengahan bulan Juli tahun lalu, nemplok lah sebuah email di inbox ku dari seseorang yang mengaku penggemar blog Lapanpuluhan. Dia bilang kalo bekerja sebagai editor di Gagas Media dan menawarkan kerjasama untuk membukukan blog Lapanpuluhan di bawah penerbit Gagas Media. Horeeee... datang sendiri ternyata.. dan tentunya pantang ditolak dong

Ketemuan dengan Valiant (editor) dan Resita (editor merangkap proofreader) pertama kali di Skydining Plangi. Masih kagok dan bingung mo gimana dan bahas apa. Diskusi-diskusi akhirnya diputuskan yang dibukukan cuma tulisan-tulisanku doang. Kalau dari penulis lain mau dimasukkan aku sendiri yang harus mengatur perjanjian dengan penulis lain itu... waaaah.. ribet tuh. Selanjutnya aku diminta memilih artikel2 mana yang akan dimasukkan, dicompile jadi sebuah naskah dan dikirim ke mereka.

Editing Yang Lumayan Lama

Artikel-artikel yang layak terbit aku kumpulkan dan diedit ulang. Aku juga menjanjikan akan bikin tambahan artikel baru supaya lebih lengkap yang dibahas. Sempet stuck males ngerjain beberapa bulan :p. Pertama janji sekitar bulan September draft naskah akan aku kirim. Tapi ternyata draft pertama baru aku kirim bulan November.. wekekekeke... maap ya Val, Re :D Dua minggu kemudian draft itu dikirim balik ke aku dengan SEKIAN BANYAK CORETAN DAN WARNA MERAH DISANA SINI! Huaaaa ... huhuhuhu... berasa asistensi sama dosen pembimbing..

Dengan hati terluka (halah) aku perbaiki lagi naskah itu, dan aku tambah-tambahin lagi seperlunya. Tapi apa daya, harus tersendat-sendat karena aku juga harus persiapan untuk acara 'beritu' :D Edit, kirim, coret, kirim balik, edit, kirim, coret, kirim balik.. huuuhuhuhu... Naskah baru final sekitar akhir bulan Maret. Tanda tangan kontrak deeeeh

Tapi ternyata gak langsung bisa dicetak. Masih ada urusan nyari cover yang butuh waktu sampai sebulan lebih. Gonta-ganti berkali-kali. Bukan aku yang rewel milih cover, karena masalah cover adalah sepenuhnya urusan penerbit. Aku cuma disodorin beberapa contoh dan disuruh milih. Setelah cover fixed, ternyata ga bisa langsung cetak juga. Ada masa tenggang beberapa minggu nunggu giliran untuk dicetak, karena ada buku2 lain yang lebih diprioritaskan.

Akhirnya di penghujung bulan Juni 2009, lahirlah si bayi jadul itu... Alhamdulillah..

Beberapa Komentar

Ada komentar dari beberapa orang yang udah baca bukuku ini.
- Komen pertama dari mertua : "Lucu ya tulisannya, bisa nostalgia".. hihihi makasih Ma.
- Komen dari Budi Cheung yang menyumbangkan beberapa foto koleksi jadulnya: "Fotonya kurang banyaaak, man!". Yah.. apa boleh buat. Aku udah mengirimkan banyak foto buat ilustrasi, tapi yang mana yang dipasang di buku itu sepenuhnya keputusan penerbit.
- Komen dari Aldiwirya yang foto cover kaset jadulnya aku pinjam: "Ada yang salah tuh, Ratih Purwasih bukan dari artis JK!"... hah? oya? waduh.. salah fatal dong *tepok jidat*
- Komen Ferina di reviewnya: "Buku ini garink. Mau lucu-lucuan, kurang kena".. huaaaa, hiks hiks.. sebenarnya kan memang ini adalah tulisan dokumentasi yang aku bumbuin celetukan konyol. Di beberapa bagian yang aku lagi gak mood buat ngegaring emang jadi terkesan serius.
- Komen lain: "Banyak yang belum dibahas, seperti fashion, tempat gaul dll".. Memang banyaaaak yang belum dibahas. Karena banyak sekali kalo mau meng-eksplore semua hal di 80-an. Yang dimasukkan di buku ini baru beberapa hal yang sudah sempat aku gali dan bikin tulisannya. Untuk menggalinya perlu ada sumber yang lengkap sebagai referensi, itu yang agak susah nyarinya.

Ditunggu ya komentar-komentar yang lain :)

Dan terima kasih buat semua pihak yang mensupport dan menyemangati hingga akhirnya buku ini bisa terbit dan beredar di pasaran.