Friday, November 26, 2004

Ajaibnya Yahoo! Mail

Pernah ngalamin kirim email via Yahoo! gagal mulu?



Aku beberapa kali ngalamin, nggak sering sih, tapi kalo lagi kejadian seperti itu, sebel banget pastinya. Udah nulis susah-susah, milih-milih kata yang pas dulu, edit sana edit sini, begitu klik "send".... eh... lama banget prosesnya..... begitu nongol malah tulisan "Error"...... bete. Udah gitu kalo kita refresh halaman "error" itu, kalo nggak masih nongol halaman yang sama, ya yang nongol adalah halaman "compose email" yang masih kosong.... huh.... tambah sebel gak sih? Harus ngulang nulis lagi!!...... hiks...mummmmiiiii..............

Salah satu cara agar bisa tetep terkirim emailnya, format email harus dirubah jadi plain text. Terpaksalah email terkirim dalam huruf-huruf kaku model mesin ketik "jegrek-jegrek-jegrek-ting" tanpa variasi font yang lebih cantik dan tanpa variasi warna, tanpa smileys. Dan email yang ringan tanpa beban inipun bakal bisa terkirim dengan lebih mulus.

Tapi suatu saat, secara gak sengaja aku nemu trik untuk mengatasi hal itu.

Waktu kejadian gitu lagi, ngirim email gak masuk-masuk, yang nongol malah halaman error. Ya udah deh, dengan rela hati aku harus merubahnya jadi plain text. Biasanya sih aku refresh, tapi ini aku pencet tombol "back" di browser. Dan ternyata message yang udah aku tulis tadi nongol lagi secara lengkap... alhamdulillah... gak usah ngetik lagi dong. Aku kliklah itu pilihan untuk merubah format email jadi plain text.

"This will convert your message into plain text. All formatting will be lost. Continue?"

Iya deh, gak pa pa, aku rela kok, sumpah... klik OK

"Message Sent"

LAH?
kok?
wong edan! Orang aku minta supaya emailnya dirubah jadi plain text kok malah dikirim??? piye to kang?

Ketika kali kedua ...... aku coba hal yang sama dan terjadi hal yang serupa. Oooo.... gitu ya....
Dan sejak itu aku gak pernah ngomel2 lagi kalo Yahoo! lagi gemblung, karena trik ini hampir selalu berhasil, dan menjadikan Yahoo! lebih gemblung lagi.

TAPI...

Hari ini tadi, trik itu nggak sukses.
Dijadikan plain text yang keluar tetaplah halaman "Error" yang indahnya mengalahkan kata-kata umpatan.
Berkali-kali aku coba... it didn't work ma fren... no more.
Menyerahlah aku, entar aja deh coba lagi... kalo Yahoo! udah waras...
Save as draft aja dulu deh, biar entar gak usah ngetik lagi. Tinggal ngirim.
Aku kliklah tombol "Save as draft"....

"Message Sent"

HA?
Ajaib...