Monday, September 26, 2005

1st Anniversary of Ngeblog

Nggak terasa? wah.. terasa banget. Orang kalo bilang nggak terasa udah terlewat sekian waktu itu kan biasanya karena semuanya lewat begitu saja tanpa kesan yang berarti. Nggak ada hal-hal istimewa yang menjadi penanda dan pemberi makna terhadap waktu demi waktu yang berlalu.

Itu bukanlah yang bisa aku katakan untuk menggambarkan pergumulanku dengan dunia blogging selama setahun ini. Karena dalam setahun ini banyak hal-hal baru yang aku alami yang kejadiannya berawal dari blog. Yang kemudian bisa mewarnai keseharianku dengan corak yang berbeda dari hari2ku sebelumnya.

Ngenet

Sebelum kenal ngeblog, kegiatan "ngenet" buat aku adalah kirim2an email baik itu yang personal atau via milis, kadang juga chatting dengan teman yang udah kenal, dan tentunya jalan2 ke web cari2 info atau berita.

Sampe sekarang masih gabung dengan beberapa milis sih, bahkan jadi moderator dari sebagian di antara milis2 itu. Serunya milis itu kan karena membernya memiliki kesamaan pada hal tertentu dan karena kesamaan itu mereka ngumpul. Jadinya topik yang dibicarakan hampir pasti nyambung di antara para member. Tapi kalo topik-nya itu2 mulu, kadang lama2 ya jadi bosen. Contohnya milis alumni seringkali ngomongin masa lalu, atau nanyain kabar, atau kasih info lowongan kerja. Dan ya lama2 jadi bosen dan akhirnya vakum. Itu yang terjadi dengan 3 milis alumni yang aku ikuti. Tapi di lain pihak aku males ngikutin milis yang topiknya aneka ragam, nggak fokus, apalagi kalo banyak yang nge-junk...

Chatting masih kadang2 aku lakukan. Tapi cuma dengan teman2 yang udah aku kenal sebelumnya, entah itu emang temen lama, atau temen dunia maya yang udah pernah ketemu atau udah sering email2an. Mau cari temen chatting baru dari MIRC, males ah.. harus kenalan dulu, nanya2 lagi, belum tentu nyambung pula. Mending ngobrol ama yang udah kenal, langsung nyambung.

Kenalan Ama Blog

Kenal blog sebenernya udah cukup lama sih. Sekitar tahun 2000-an. Waktu itu ada teman yang promosiin blognya di milis. Bahkan waktu itu dia sudah begitu antusias mengatakan bahwa suatu saat blog akan merajai dunia web. Komentarku saat itu rada gak peduli "yeah... right". Lagian, bikin diary? buat apa?.. kayak abg aja. Dan lewat begitu saja perkenalan pertamaku dengan blog.

Terus tahun lalu, aku kenal si encang Irvan dari satu milis. Dari milis berlanjut ke YM, waktu itu si encang ini di kantor online setiap saat sama kayak aku. Jadi bisa teriak2an satu sama lain kapan saja. Tapi sekarang si encang ini kayaknya udah nggak sempet main YM. Entah gak sempet, entah gak ada fasilitas :P. Suatu saat dia kasih alamat blog yang baru dia bikin. Wah.. cowok bikin blog?... ya terserah sih. Dari blognya Irvan, aku nemu yang namanya om Wisa, yang katanya adalah yang maksa Irvan bikin blog. Eh.. ada lagi cowok bikin blog?... Di saat yang lain, dia bilang lagi ketawa terpingkal2 setelah baca blognya Rio soal "John Travolta" :D. Aku penasaran ikutan buka, dan ikutan ketawa... gila tuh anak..

Baru deh aku jadi tertarik sama blog. Ternyata blog bukan cuma buat bikin diary yang isinya curhat harian nggak jelas. Blog bisa buat berbagi cerita, bisa buat ngejek2 orang lain :D, bisa buat nuangin segala macam isi kepala..

Dan, aku pun mulai ikutan bikin blog!...

Tenggelam Dalam Blog

Awalnya aku nggak yakin bakal bisa konsisten ngisi blog. Belum tahu mau diisi apaan. Waktu itu aku nggak pede bahwa aku bakal bisa nulis panjang tentang sesuatu. Soalnya jaman sekolah dulu, yang namanya pelajaran mengarang adalah pelajaran yang sama sekali bukan favoritku. Tapi baca2 blognya orang lain, ternyata mereka itu nulis bebas aja nggak perlu pake kaidah2 yang ruwet. Tulisannya kebanyakan mengalir aja pake bahasa sehari2 mereka.

Setelah satu-dua kali posting bingung, aku coba bikin posting yang lebih terarah. Kebetulan waktu itu aku lagi merasakan euphoria dengan yang namanya Novel Da Vinci Code. Ini adalah novel fiksi yang berhasil mengembalikan aku untuk baca novel lagi, setelah 5 tahun vakum nggak pengen baca novel. Nulis.. nulis.. nulis.. eh kok jadinya panjang? aku putus jadi dua posting akhirnya. Eh kok belum tuntas juga, aku bikin postingan ketiga tentang DVC lagi. Eh.. kok masih ada yang pengen dibahas... jadilah postingan keempat untuk Da Vinci Code :D

Ternyata kalo aku dibebasin untuk menulis sekehendak hatiku... lancar banget jek! :D Padahal sehari2 aku ini kan males ngomong. Males untuk ngebahas hal2 yang tidak perlu dibahas. Tapi kalo disuruh menuliskan hal2 yang tidak penting dibahas, ternyata malah lancar :D

Dan... akupun tenggelam dalam dunia blogging, dimana aku bisa ngebahas apa saja. Mengeluarkan isi pikiranku lewat jari jemari di atas keyboard komputer ternyata lebih menyenangkan daripada lewat mulut :D

Hidup Ngeblog!!

Yang bikin lebih seneng dan antusias buat ngeblog itu kan karena ada temen2 blogger lain yang pada berkunjung. Saling ejek mengejek via shoutbox, atau ngasih komentar nggak penting di posting yang udah susah payah kita bikin :D. Karena ada temen yang bisa diajak saling berinteraksi itulah ngeblog jadi semakin terasa gurih.

Coba kalo bikin blog yang nggak ada tempat buat ngasih komentar atau tempat buat sekedar ber-hai2, pasti sepi rasanya. Jadinya seperti buat diri sendiri dan nggak mau berbagi dan bergaul dengan orang lain. Males pastinya, cuma jadi tontonan tapi nggak bisa ngobrol.

Dari ngeblog ini aku jadi kenal banyak teman dari beragam latar belakang. Baca2 postingan mereka yang beda2 bekgrond ini bisa nambah2 pengetahuan, dari hal2 yang paling remeh sampe yang paling ilmiah. Nggak cuma teman dunia maya sih, beberapa malah udah jadi temen di dunia nyata. Dari ngeblog juga aku jadi ikutan "mbatik", hal yang tidak pernah aku bayangkan bakal aku lakukan :D. Berkat ngeblog juga aku jadi lebih rajin baca novel, biar bisa buat posting review selanjutnya.

Berkat ngeblog juga, kadang kerjaanku jadi keteteran karena lebih mentingin bikin posting dari pada kerja... hahahaha!!! jangan ditiru ya :p

Pokoknya Blog berhasil membuat dunia baru buat aku. Dan selama setahun ini banyak sekali pengalaman baru yang aku rasakan. Aku malah mikir "Lho?... baru setahun to?.. perasaan kok kayaknya sudah begitu mendarah daging.. ternyata baru setahun to?.. " :D