Friday, October 21, 2005

Si Doel Udah Kaya

Semalam nyampe rumah lebih telat dari biasanya karena harus mampir2 dulu. Biasanya pas beduk maghrib waktu buka puasa paling nggak udah ada di deket2 rumah. Tapi tadi malam baru masuk rumah pas orang udah pada berangkat traweh. Ya udah, entar aja traweh sendiri :). Leyeh2 bentar nyalain tivi.

Pas gonta-ganti channel, eh... kok ada Aminah Cendrakasih lagi buka warung? Emak yang satu ini kan sekarang hampir nggak pernah keliatan lagi di layar tipi. Habis gitu ada mobil SUV mewah datang dan Rano Karno turun nyamperin.. eh.. jangan2 ... ini Si Doel?

Ternyata pas mau iklan, muncullah judul acaranya... "Si Doel Anak Gedongan".
Woooo....Disambung juga akhirnya. Dulu bilangnya nggak bakal diterusin. Berarti ini Si Doel seri ke-7, saingan deh ama Tersanjung :D

Si Doel Anak Gedongan

Cari info sana sini, ternyata yang semalem itu udah episode ketiga dari seri ini... yah, ketinggalan banyak deh :( Karena katanya permintaan untuk diterusin cukup banyak dan Rano sendiri nggak sukses di proyek sinetron lain, ya udah deh.. lanjut.

Ceritanya si Doel udah merid ama Sarah, tinggal dirumah mewah milik Sarah. Emak udah pindah dari rumah kayu khas betawi yang dulu, sekarang tinggal di rumah tembok tapi masih di kampung. Mandra masih jelalatan nyari cewek, sekarang sibuk ngurusin rumah kontrakan, opletnya dianggurin. Atun dan Karyo udah punya anak satu, Atun tetep usaha nyalon keliling, Karyo juga tetep ngider jualan batik. Zaenab udah merid ama anak orang kaya, lagi hamil besar tapi disia-siain ama suaminya.

Dari yang aku tonton semalem, kontinuitas cerita dan karakter tiap tokoh tetep terjaga baik meskipun udah vakum 2 tahunan (terakhir 2003 kalo nggak salah). Si Doel tetep bermuka kusut, tidak tegas, tapi baik hati dan gampang tersentuh. Mandra tetep temperamental dan musuhan sengit ama mas Karyo. Karyonya juga tetep kalem tapi manipulatif. Sarah tambah manja. Zaenab tetep klemar-klemer dan pasif.

Spoiler garis besar jalan cerita dari Si Doel seri ke-7 ini bisa dibaca disini. Hmmm.. ya gitu deh. Kabarnya bakal ada episode yang mengambil lokasi di Kairo, Mesir.... gimana bisa sampe ada yang nyasar ke Mesir, kita tunggu aja sama2.

Memang serial Si Doel nggak menjanjikan jalan cerita yang terlalu hebat. Cerita sederhana dari keluarga sederhana. Tidak ada intrik yang terlalu rumit diantara tokohnya. Dan sudah terbayang, alurnya akan berjalan lambat seperti biasanya. Diulur-ulur dengan berbagai masalah kecil. Apalagi si Doel tokoh utamanya diplot sebagai orang yang kurang tegas. Tapi mungkin malah disitu kekuatannya. Jalan cerita dan cara menuturkannya sangat membumi, sangat dekat dengan realitas keseharian masyarakat banyak.

Unsur Betawi Berkurang

Terasa ada yang hilang pas tau Emak udah nggak tinggal di rumah kayu yang khas betawi itu, dan pindah ke rumah berdinding tembok. Rumah itu kan bawa kesan yang sangat kuat ke sinetron ini, dan punya unsur historis banget dari jaman masih ada Benyamin yang jadi Babe. Bahkan awal2 di Jakarta dulu aku pernah nyempet2in sama teman mampir ke lokasi rumah yang jadi tempat syuting si Doel ini di kawasan Pondok Labu :) ... Opletnya asli butut banget :D Kabarnya sih, rumah itu sekarang udah dibongkar sama pemiliknya, jadi nggak bisa dipake syuting Si Doel lagi :(

Nuansa betawi di sinetron ini jadinya hilang satu demi satu. Dulu awal2 ada Benyamin, Pak Tile, yang bisa dibilang icon2nya betawi. Tapi sekarang keduanya sudah meninggal dan belum ada tokoh pengganti yang cukup kuat untuk mewakili sosok betawi bersama2 dengan Mandra. Memang sih, tetangga2 emak di kampung itu ngomongnya pada betawi abis, ngablak gitu :D, tapi kan mereka cuma tetangga yang muncul sesaat saja.

Terus kok judulnya jadi "Si Doel Anak Gedongan" sih? Si Doel kan bukan anak gedongan, dia itu anak kampung yang sekarang tinggal di gedongan. Kalo dibilang anak gedongan kan kesannya udah sejak kecil jadi orang gedongan. Mestinya sih lebih cocok "Si Doel Orang Gedongan", kan udah bukan anak-anak lagi .. hehehe...

Pilihan di Primetime

Nonton Si Doel emang nggak perlu penuh konsentrasi. Bisa sambil makan malam, ngemil, tiduran, ato ngerjain yang lain kita akan tetep bisa mengikuti jalan ceritanya. Karena memang alurnya yang pelan dan tenang. Sesekali ada humor menggelitik lewat Karyo dan Mandra, menjadi selingan segar diantara drama yang dibangun.

Jadi inget jaman2 kejayaan Si Doel Anak Sekolahan dulu. Sinetron ini pada masanya jadi suatu acara wajib tonton bagi banyak orang. Kalo udah jamnya Si Doel main, katanya jalanan jadi sepi, orang pada ngumpul di depan tipi semua. Pada nggak mau nglembur sampe malam karena harus nyampe rumah sebelum si Doel main :D

Apa Si Doel seri ke-7 ini bisa berhasil menarik perhatian penonton seperti seri2 sebelumnya? Nggak tau ya... kesukaan penonton tivi itu kadang susah diprediksi sih. Yang jelas Si Doel Anak Gedongan ini tetap konsisten menawarkan suasana yang sama dengan seri2 sebelumnya. Yang beda paling, pemainnya kebanyakan jadi pada tambah gemuk :D Emak, si Doel, Mandra jadi lebih gemuk dari sebelumnya... Atun juga.. eh, udah dari dulu ding. Kalo Sarah ama Zaenab sih tipe2 cewek yang sangat peduli penampilan, jadi ya.... tetep cantik seperti dulu ;)

Paling nggak sekarang ini di jam2 primetime ada acara tivi yang bisa aku tonton. Selama ini antara jam 7 ampe 9 malem, aku jarang nyalain dan nonton tipi. Paling nyalain bentar tapi terus dimatiin lagi, soalnya isinya kebanyakan didominasi sinetron2 nggak jelas dan nggak mutu. Kalo nggak opera sabun dengan intrik yang belibet nggak karuan dan dipanjang-panjangin, ato sinetron abege rebutan pacar, ato sinetron dengan mahluk berkekuatan ajaib, ato sinetron mistis.... itu-itu saja. Dan semua itu membodohi pemirsanya :(

Mudah2an sih Si Doel ini nggak akan ada tambahan pake peri atau bidadari :D Ibu tirinya Zaenab juga jangan terlalu banyak diekspos deh...biar nggak jadi sinetron ratapan anak tiri. Dan kalo ada yang diceritakan mati nggak usah pake dikerubungi ulat dan berbau busuk :D. Biar aku tetep tertarik nonton... :)