Tuesday, December 14, 2004

Vanessa Mae, Biola dan Aku

Minggu ini musik yang berputar2 disekeliling aku adalah Vanessa Mae, dari album terbarunya "Choreography". Wiken kemaren gak sengaja aku nemu waktu lagi jalan2 ke Plangi. Udah lama memang aku nungguin album terbaru si Vanessa ini, rupanya dia pindah label ke Sony Classical.

Pertama kali kenal sama Vanessa Mae 8 tahun yang lalu kalo gak salah. Waktu itu aku pergi ke toko kaset kebarengan temenku kursus bahasa Jerman. Waktu lagi browsing sana sini, dia merekomendasikan kaset Vanessa Mae "Alternative Hits". Isinya cuma enam lagu, sebagian besar diambil dari album pertama "Violin Player" dengan aransemen baru yang lebih "techno". Penasaran, aku ambil satu deh, soalnya dia bilang top banget.

Ternyata... WOW!!... I luv this kind of music. Perpaduan antara kemegahan musik klasik yang diwakili oleh gesekan biola Vanessa Mae dengan dinamisnya musik modern. Apalagi permainan biola Vanessa maut banget jek! Aku nggak ngerti apa-apa sebenernya tentang teknik main biola, aku cuma tahu, dia mainnya menjiwai dan seringkali cepet banget. Kadang ngebayangin wuih kayak apa ya dia mainnya sampe cepet gitu.

Kira-kira seminggu kemudian aku beli yang "Violin Player", meski temenku itu nggak merekomendasikan karena nuansa klasiknya lebih kental. Aku tetep beli, yang CD pula. And I love it. Ternyata musik klasik (walau yang ini gak klasik2 amat) itu bisa dengan begitu indah menyajikan suasana dari yang sedih dan muram hingga yang gembira penuh dinamika. Sejak itu pojok tempat musik klasik di toko kaset, juga jadi tempat yang aku datangi :)

Itu pengaruh yang belum seberapa sih dari kehebatan Vanessa Mae. Yang lebih gila adalah, gara2 suka mbayangin asiknya Vanessa Mae maen biola.... aku pun membeli sebuah biola... !!! padahal aku nggak ngerti sama sekali gimana itu maen biola dan nggak punya referensi satupun.

Waktu beli, sok2an aja. Ada sederet biola dari yang paling kecil sampe yang paling besar. Aku pilih yang agak kecil, karena lebih murah, aku pikir ah masih belajar ini. Nggak tahu lagi apa hal-hal lain yang harus diperhatikan dalam memilih biola. Asal aja. Aku juga gak berani nanya macem2 sama penjualnya, wong nggak tahu apa2, malu ah kalo ketahuan beli biola tapi gak ngeh biola. Biola dan bow (penggesek)-nya dimasukkan ke dalam case. Penjualnya menunjukkan suatu kepingan warna kuning transparan yang dibungkus kain, aku manggut2 aja, dimasukkan ke dalam case itu juga. Apa itu tadi?

Dan yang terjadi adalah.... aku nggak tahu gimana maininnya!! bownya aku gesek2 ke senar2 itu.. loh kok gak bunyi seh? berbagai cara aku coba.. kok tetep gak bunyi? Aku ambil kepingan yang dimasukkan penjual tadi.. ini buat apa ya?.. bingung... kayaknya benang2 di bownya itu terlalu lentur gitu, apa karena itu ya, apa harus dibikin lebih kaku?.. oh mungkin kepingan ini untuk bikin benang2 itu lebih kaku.. tapi diapain?.. hmm mungkin kayak benang gelasan untuk layang-layang itu ya? .. berarti harus dicairin dulu dong, terus nanti dilumurkan ke benang2 bow ini.. mungkin begitu kayaknya..

Aku panaskanlah benda itu, aku taruh di panci kecil dan aku panaskan di atas kompor. Meleleh. Tapi kok lengket banget gini? gimana untuk melumurkannya ke bow. Dan cepet banget mengeras lagi kalo diangkat dari api. Wah gimana sih? Dan setelah mengeras lagi, lengket banget sama pancinya, gimana aku bisa mengambilnya? Huaaah...!!

Tapi kayaknya kunci agar biola itu bisa dimainin memang terletak di kepingan kuning itu. Harus beli lagi neh. Dan pergilah lagi aku ke toko yang menjual perlengkapan musik. Liat sana liat sini, eh itu ada benda yang mirip2 dengan yang aku lelehin kemaren. Aku tunjuk aja benda itu ke penjaganya. Kali ini terpaksa aku harus nanya.

"Ini yang buat biola itu kan mas?"
"iya"
"ok, saya ambil satu"
"baik"
"eh, ini sebenernya buat apa sih mas, saya cuma dititipin temen"
"ini buat bow penggeseknya"
"diapain? dicairin dulu gitu?"
"enggak, cukup digesekkan saja ke bownya"

OH..... hehehe, malu bertanya sesat di jalan bener deh.. :p

Dan sampai di rumah aku gesekkanlah itu yang namanya ternyata adalah resin bermerek Pirastro ke bow biolaku. Dan dengan tekanan yang tepat... berbunyilah biolaku... HOREEEE!!! :D
[duh... norak deh :p]