Tuesday, December 06, 2005

Ikutan Lomba Template Blogfam


Blogger Family alias BlogFam lagi ngrayain ulang tahunnya yang ke-2. Dalam rangka ulang tahunnya itu, BlogFam ngadain beberapa lomba di antara membernya. Antara lain lomba Entry, lomba Banner, dan lomba Template.

Sebenernya aku nggak terlalu aktif di Blogfam. Belum pernah ikut kopdar, juga belum pernah ikut lomba2 yang sebelumnya. Posting di forum juga baru 30-an, baru punya gelar "dagang siomay" :D. Pasang bannernya blogfam di blog juga rada males... habis bannernya kembang2 gitu, kan nggak matching :D

Tapi untuk ulang tahun kali ini, aku coba ikut partisipasi deh. Setelah beberapa kali berhasil bikin template buat temen blogger, aku putusin aja ikutan lomba Template. Ikutan ngramein, sapa tahu beruntung ;)

Tema templatenya adalah: "Ceria"... hmmm.. gimana sih template yang ceria itu ya?

Udah banyak yang hafal dengan ciri khas template bikinanku... apalagi kalo bukan "efek 3D" :D Dan sampai kali ini, aku belum bisa meninggalkan ciri khas itu. Inilah template yang aku sertakan dalam lomba:

Template 1: "SUN SHINE"

Terinspirasi dari warna khas Blogfam yang Biru-Oranye. Warna ceria. Aku ambil warna oranye-nya doang sebagai warna utama. Sangat cocok dengan tema template yang disyaratkan.

Selain efek 3D, aku juga lagi demen ama efek transparan dan tata letak yang rada morat-marit :D Seperti layout blogku saat ini. Kalo layout blog ini cuma tumpukan kotak2 abu2, maka aku coba kembangkan dengan bentuk2 lain.

Bentuk layout ini sebenarnya sudah aku bikin dalam coretan pensil waktu lagi bengong di kampung, lebaran kemaren. Terus aku otak-atik lagi dengan bikin sidebarnya miring2 biar lebih terkesan ramai dan ceria.

Bikinnya pake Photoshop, dengan manfaatin layer-layer dan variasi blending dari masing2 layer. Dan jadilah layout ini :)

Bentuk utuhnya bisa dilihat di sini

Template 2: "MY SCROLLS"

Awalnya nggak yakin bakal sempet bikin 2. Ide2 yang muncul kebanyakan mirip2 dengan template pertama. Nggak lucu kan kalo dua template yang mirip diikutsertakan dalam lomba. Lalu muncullah ide untuk bikin yang full 3D, biar beda ama yang pertama.

Coret2 bikin sket di kertas, muncullah ide bentuk gulungan2 kertas. Aku bikinlah model 3D-nya pake 3D Studio Max. Biar sempurna aku pake 'smoothing' yang tinggi dan dalam rendering pake ray traced shadow. Renderingnya bisa makan waktu sejam aja sendiri. Lalu masuk Photoshop untuk ditambahin pernik2 dan dipotong2.

Awalnya aku kasih warna biru langit dan biru gelap, biar sepasang ama template pertama sama seperti warna kebangsaan blogfam. Tapi waktu mulai ngeset font buat posting, kok nggak ada warna font yang cocok ama biru langitnya. Kesannya mati, nggak cerah. Balik lagi ke 3DS Max, gonta-ganti warna nyari yang bisa pas. Ketemulah warna coklat susu ini. Render lagi sejam :D

Ngeliat bentuk dan warnanya yang mirip segelas coklat susu, hampir aku ganti judulnya jadi "Coklat Susu" :D Tapi nggak jadi, biar aja deh kan kalo diliat bener tetep seperti gulungan kertas.

Bentuk utuhnya bisa dilihat di sini



OK!
Itulah hasil karyaku yang aku buat spesial dalam rangka ikut meramaikan Ulang Tahun BlogFam yang ke-2. Nggak tahu selanjutnya gimana. Kalo menang, apa bakal jadi hak milik BlogFam, nggak tahu. Kalo nggak menang, errrr.... mungkin dilelang aja kali, kalo ada yang mau :D

SELAMAT ULANG TAHUN buat BLOGFAM
Semoga tetep seru dengan program2nya dalam usaha menyatukan para Blogger Indonesia!!
HIDUP NGEBLOG!!