Tuesday, December 26, 2006

Q & A

Yup, sesederhana itu judul novel ini. Hanya tiga karakter. Tanpa dijelaskan apa kepanjangannya, semua mungkin sudah tahu bahwa jajaran tiga karakter itu berarti "Question & Answer". Sebuah tanya jawab. Bukan sembarang tanya jawab, ini kisah tentang tanya jawab yang berhadiah satu miliar Rupee!

"Q&A" adalah novel fiksi debut dari Vikas Swarup, seorang diplomat India yang pernah bertugas di Turki, Amerika, Ethiopia dan Inggris. Baru terbit tahun 2005 lalu di Inggris. Namun begitu banyak mendapat perhatian sehingga hingga saat ini sudah diterjemahkan dalam 26 bahasa. Penerbit Serambi tak mau ketinggalan momen segera menterjemahkannya dalam bahasa Indonesia dan diterbitkan Desember 2006 ini, dalam 458 halaman.

Kuis Satu Miliar Rupee

Kuis berhadiah miliaran memang bikin banyak orang ngiler berat. Siapa yang nggak kepingin diguyur uang segitu banyak hanya dengan perjuangan menjawab beberapa pertanyaan dalam waktu kurang dari satu jam.

Dari sampulnya sudah dituturkan bahwa ini adalah 'sebuah novel tentang seorang pelayan restoran yang menang kuis satu miliar rupee'. Pelayan restoran itu bernama Ram Mohammad Thomas yang baru berusia delapan belas tahun. Ram bukanlah anak genius, dia tidak pernah sekolah, membaca koranpun hampir tidak pernah. Dia mampu menjawab keduabelas pertanyaan kuis tersebut berbekal pengalaman dan keberuntungan.

Namun sebelum kuis "Who Will Win A Billion" episode ke lima belas tersebut sempat ditayangkan di televisi Ram malah ditangkap polisi. Penyelenggara acara tersebut menuduh Ram berbuat curang saat kuis sehingga ia bisa menjawab keduabelas pertanyaan dengan benar. Sebenarnya produser acara tersebut tidak siap membayar hadiah sebesar itu sebelum acaranya menangguk keuntungan. Dan diam2 produser itu meminta polisi melakukan segala cara agar Ram mengaku bahwa dia curang...

Saat Ram nyaris membubuhkan tanda tangan pengakuan setelah disiksa polisi, muncul seorang wanita bernama Smita Shah yang mengaku sebagai pengacara Ram. Smita pun mengeluarkan Ram dari kantor polisi dan memintanya bercerita dengan lengkap apa yang sebenarnya terjadi.

Kisah demi kisah masa lalu Ram pun bergulir. Satu per satu bagaimana secara kebetulan dia mengetahui jawaban yang diajukan dalam kuis tersebut dari pengalaman masa lalunya.

Masa lalu Ram berawal dari bayi yang dibuang di depan pintu gereja. Penderitaan sudah menjadi makanan utamanya sejak baru saja dilahirkan. Nyaris dipekerjakan sebagai pengemis cacat. Mendorong jatuh tetangganya yang hendak menodai anak gadisnya sendiri. Ia juga sempat membunuh seorang perampok yang merampas uang hasil jerih payahnya. Bersahabat dengan seorang terbelakang mental, hingga jatuh cinta pada seorang pelacur.

Babnya Disesuaikan Pertanyaan Kuis

Novel ini disusun dengan alur yang sangat unik. Penulisnya tahu benar apa yang disukai para penonton kuis berhadiah miliaran itu. Novel ini disusun dalam 12 bab plus prolog dan epilog. Prolog bercerita saat Ram ditangkap polisi. Dan 12 bab berikutnya adalah flash back yang disesuaikan dengan jumlah pertanyaan kuis. Di setiap akhir bab Ram dan Smita akan kembali memutar ulang rekaman kuis W3B pada saat pertanyaan yang sesuai dengan nomer Bab.

Bab2nya tidak diberi nomor yang urut secara lazim, tapi diberi nomor sesuai dengan nilai hadiah dari setiap pertanyaan. Bab 1000, 2000, 5000, hingga 10.000.000, 100.000.000, dan terakhir bab 1.000.000.000. Setiap bab berisi cerita tentang penggalan kehidupan Ram di masa lalu, yang melatarbelakangi bagaimana Ram bisa mengetahui jawaban pertanyaan kuis yang akan dituturkan di akhir bab. Unik kan alur ceritanya :)

Sungguh measyikkan membaca setiap babnya. Cara bercerita Vikas Swarup tidak terlalu njelimet, lancar dan ringan. Setelah tahu pola ceritanya, pembaca akan ikut menebak-nebak, kira2 bagian mana ya dari cerita di bab ini yang nantinya akan jadi pertanyaan kuis :D

Tapi konsekuensinya, agar tampak realistis, cerita penggalan kehidupan Ram pun tidak runtut dari bab ke bab. Melompat-lompat sesuai pertanyaan kuis. Pembaca jadinya harus merangkai sendiri, cerita kehidupan Ram di bab ini adalah sambungan dari bab yang mana, atau mendahului bab yang mana. Kalau urutan pertanyaan kuis disesuaikan dengan kronologi kehidupan Ram, bakalan terlihat terlalu direkayasa.

Mirisnya Kehidupan di India

Aku nyaris tidak pernah nonton film Bollywood. Tapi kabarnya film2 India itu terlalu melodrama dan banyak kejadian2 yang didramatisir ala opera sabun gitu ya? Disamping mudah ditebak dan banyak unsur kebetulan. Novel ini sedikit banyak juga seperti itu. Penderitaan demi penderitaan Ram tampak begitu dramatis dan memilukan.

Ataukah memang kehidupan kelas bawah di India itu memang seperti itu ya? Penjahatnya sadis, pejabatnya korup, banyak orang yang tega memanfaatkan yang lemah demi keuntungannya sendiri... antar tetangga, bahkan dalam satu keluarga sendiri :( Ayah pemabuk yang ingin menodai anak gadisnya sendiri, ibu yang membuang anaknya yang cacat mental, kakak yang menyuruh adiknya melacur... ugh!

Tapi karena di setiap bab ditutup dengan keberhasilan Ram menjawab satu pertanyaan kuis, kepiluan itu langsung terbayar lunas :) Sangat Bollywood jugakah?..

Sedikit Ganjalan

Ada satu kejanggalan yang dibuat Vikas Swarup. Menurutku Ram pastinya adalah anak yang cukup cerdas, karena dia mampu mengingat-ingat detil setiap kejadian yang dialaminya di masa lalu. Dia juga mampu mengingat detil cerita pengalaman Salim teman akrabnya. Dari kemampuan mengingat detil di masa lalu itulah yang menjadi bekal Ram hingga bisa menjawab setiap soal dalam kuis.

Tapi di satu bagian, Vikas malah menjungkirkan itu semua. Saat belajar menjadi pemandu di Taj Mahal, Ram dengan sangat bodoh memutarbalikkan cerita sejarah Taj Mahal yang baru ia dengar dari pemandu yang lain. Bagaimana bisa? mestinya Ram memiliki memori yang sangat kuat... Memang sih jadi lucu, tapi nggak konsisten dong...

Satu ganjalan lagi adalah dari penterjemahannya. Sang penterjemah edisi Indonesianya, Agung Prihantoro, sebenarnya cukup baik menterjemahkan novel ini sehingga enak dibaca. Cuman kadang suka menggunakan kata2 indah namun tidak lazim demi variasi kata. Seperti teperlus, hancing, merengsa, renyuk, berhembalang.. ada yang tahu artinya?

Standing Ovation Buat Novel Ini

Bagaimanapun, novel ini sangat menarik untuk dibaca sampai tuntas. Rasa penasaran akan apa pertanyaan selanjutnya, dan bagaimana Ram bisa tahu jawabannya, bakal selalu menggiring pembaca untuk melanjutkan membaca. Aku sendiri tak bisa berhenti membacanya, dan 458 halaman itu selesai kurang dari sehari :)

Gabungan kisah lucu, tragis, melodrama, hingga action-thriller, akhirnya ditutup dengan sangat manis. Sangat Bollywood juga ya? :D ... Memang sih plotnya mudah ditebak, apalagi akhir ceritanya memang sudah ketahuan dari awal kan. Tapi benar-benar puas lho bacanya. Endingnya tentang koin keberuntungan milik Ram yang selalu ia lempar saat ia butuh memutuskan sesuatu, bikin aku tertawa lebar.

Dan saat menutup novel ini, rasanya aku ingin memberikan 'standing ovation' selama beberapa menit untuk pengarangnya... Bravo!! *jempol lima*
(Sangat Bollywood jugakah? ... :D )